(Hello World!) So, why i started blogging, and why WordPress over Blogspot?

Jadi sekarang ceritanya gw baru punya blog ni.. Blog paling pertama dalam dunia perkariran blog gw..(ya kali aja, siapa tau… di masa depan gw punya karir atau usaha di dunia per-blogging-an.. hahaha).. Niat untuk nulis blog sendiri uda mulai muncul (niatnya masih kecil) sejak…. mungkin setaun lalu…  Saat itu bayangannya gw bakal nulis blog profesional dengan topik yang (suatu saat) bakal sangat gw kuasain, paling expert.. Misalnya blog yang isinya all about stem cell (geek banget ya), blog yang isinya teknik marketing (one of my interests), atau blog tentang seni tertentu..

Nah kebetulan karena belakangan ini situasinya sangat mendukung, yaitu gw belum dapet kerja alias pengangguran (gatau mau sedih apa seneng, kayaknya sedih aja deh lebih pas)… jadi gw sambil menunggu panggilan atau hasil interview kerja dll, gw mulai ngelakuin hobi-hobi gw. Di bulan pertama setelah lulus (gw kuliah di fakultas Teknobiologi Atma Jaya) gw mulai olahraga lagi, jalan-jalan lagi ke gunung/pantai, dan bikin gambar-gambar lagi..masih belum terlalu gencar nyari kerjanya…… Terus di bulan kedua uda mulai bosen karna lebih banyak di rumah terus… dan sekarang, hari ini, uda masuk bulan ke 2,5 gw jadi fresh graduate sekaligus fresh unemployment (T___T)… Nah daripada nganggur, tiba-tiba muncul niat mulai bikin blog, maksudnya biar bisa numpahin uneg-uneg atau pemikiran pribadi.. Tapi…karena gw saat ini merasa masih jauh dari predikat “expert di satu topik”…. maka gw memutuskan untuk menulis blog yang nggak pro.. Ya, gw akan menjadikan ini sebagai personal blog aja.. jadi (salah satu) tempat gw bisa menuangkan pemikiran-pemikiran gw, opini-opini gw, atau membagi cerita-cerita tentang pengalaman dan hobi-hobi gw…yang mungkin gak sempat diungkapin/diceritain, dalam bentuk tulisan.. (itung-itung latihan menuangkan isi otak… siapatau nanti bisa bikin blog profesional..amin dah)..

Sebelum blog ini (Vincent’s Brain Juice), sebenernya ada dua lagi yang pernah gw buat.. Dua blog itu gw bikin kira-kira seminggu sebelum blog ini dibikin, masing-masing satu di Blogspot dan di WordPress, tujuannya buat gw nyobain dan ngerasain sendiri sebelum nentuin mau pake yang mana.. Sebelum gw mulai bikin test blog itu di Blogspot dan WordPress (WP), gw sempet jadi rajin googling cari tau sendiri sebanyak-banyaknya tentang perbandingan keduanya.. kekurangan dan kelebihannya (gw biasanya kalo dikasi dua pilihan yang gak jauh beda, bakal sulit milih sebelum dapet fakta-faktanya tentang kelebihan-kekurangannya) … Dan.. dari “studi literatur” gw yang cukup lama itu gw nemuin banyak versi.. ada versi yang bilang overall Blogspot lebih oke buat ngeblog, ada versi yang bilang WP yang paling bagus..kedua versi itu ditulis dengan alasan-alasan yg sama-sama meyakinkan..

Abis cari-caritau lumayan lama, gw masih belum bisa nentuin juga…malah makin bingung mau percaya yg mana.. ( -____- ).. Akhirnya gw cobain bikin akun blog sendiri.. ngerasain sendiri.. (bagaikan baru beli dua gadget baru, gw jadi excited mengeksplorasi dan rajin nyari info sendiri di internet..hahaha..)….  Singkat cerita, setelah gw cobain dua2nya sendiri.. gw mutusin gw pilih wordpress.. Berikut ini alasan-alasan pribadi gw, yg utama, kenapa lebih milih WP (di sini gw bukan ahlinya, bahkan belum 100% fitur-fiturnya yg uda gw coba atau ngerti, jadi ini cuma preferensi pribadi aja, dibantu juga dari artikel2 yg gw baca), semoga bisa membantu..:

WordPress.COM*:
(+):

  • themesnya biarpun yg free ga banyak, tp lebih ‘elegan’, (yang free gak bisa full-customize)
  • beberapa free themes punya layout yg gak biasa, seger, enak diliat mata gw, dan kesannya lebih ‘profesional’
  • categories bisa dibikin jadi menu dan submenu (istilahnya, ‘hierarchy’), misalnya menu kategori “Music”, bisa dibuat submenunya dgn kategori “Pop”, “Rock”, dll.. Gw demen kyk gini..
  • media storage 3gb

( – ):

  • soal design and layout, WP’s less customizable, compared to Blogspot’s
  • beberapa themes dan fitur full-customize harus upgrade premium, tapi kalo uda upgrade…katanya…. WP > Blogspot soal customization.
  • pengguna Blogspot ga bs comment ke blog WP, klo mau comment bisa tapi harus melalui akun WP/facebook/twitter/anonim😦
  • can’t add external plugins in WP.com (tapi widgets bawaannya si WP.com uda cukup kok utk memenuhi kebutuhan standar kayak twitter/fb badge, calendar, dll.. Kalo mau pasang background music di WP bisa, cuma kayaknya lebih ribet daripada install plugin di Blogger)

*(note: WordPress.com beda sama wordpress.org.. bedanya bs diliat di http://en.support.wordpress.com/com-vs-org/ )

Blogspot
(+):

  • very customizable (bebas ubah atau upload layout, design, widgets, plugins, etc dengan mudah).. Disini bisa kreatif nambahin gadgets di sidebar, kayak jam analog, playlist musik, atau tikus-tikusan yang interaktif  LOL
  • temen yang gw kenal banyak di Blogspot (bisa nanya-nanya kalo bingung)
  • pengguna WP, Blogspot, facebook, twitter, anonim (ga punya blog) bisa komen ke blog Blogspot

( – ):

  • Personally, i really don’t like the dashboard interface and overall design.. atau, buat gw pribadi, (maaf) bikin gak napsu ngeliatnya..
  • categories gak bisa dibikin hierarchy, jadi kategorinya ‘sejajar’ atau ‘setara’
  • media storage 1 GB

Info lain yang gw dapet, soal keamanan dan soal gampangnya blog kita muncul di search engines, baik Blogspot maupun WP sama aja, gak beda nyata.. Satu lagi, banyak orang bilang Blogspot lebih mudah buat pemula..Tapi kok anehnya, gw yang pemula ini, ngerasanya lebih gampang ngerti dan nelusurin menu2/fitur2 di WP drpd di Blogspot.. apalagi Support page-nya WP lumayan jelas dan gampang diikutin step by step, dibandingin Support page-nya Blogspot (for me).. Nah gitu aja deh yang gw “pelajarin” selama kira-kira 4 hari belakang ini..Haha….😀

Kalo info-infonya masih blom cukup, googling sendiri aja ya.. Saran gw, kalo ada yang mau memulai ngeblog tapi bingung mau pilih Blogspot/WP, cobain aja sendiri dua2nya..toh gratis ini dua2nya.. Kalo uda puas caritau..pilih yang sesuai kebutuhan dan selera masing-masing.. misalnya gw, gw tau kalo template dan design tema2 di WP less-customizable dibanding punya Blogspot.. tapi gw menemukan 1-2 theme(s) yang dari desainnya aja…udah cukup bikin gw naksir meskipun cuma bisa di-custom sebagian elemennya aja.. Kalo desainnya Blogspot emang lebih bisa kreatif di-customize, mau ubah layout tinggal drag and drop aja hampir gada batasan..gitu juga kalo mau ubah font, warna font, dll.. tapi gak ada design dan layout di Blogspot yang “klik” di hati.. bahkan gw pribadi agak ga demen sama interfacenya Blogspot yang menurut gw agak kaku dan kuno, terlalu biasa.. Lagipula, siapa juga yang bakalan gonti-ganti desain blognya seminggu sekali..hehe… Di sini gak bermaksud ngajak orang supaya pindah dari Blogspot ke WP lho..

Lagi-lagi, balik ke selera dan kebutuhan masing-masing. Haha..

Cape juga ya nulis panjangg….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s