September, produktif tapi gak profitable

Sekarang gw mau nge-jus (biar sesuai sama konsep blognya dong…#maksa) dan nge-review apa-apa aja yang penting selama bulan September kemarin.. Kebetulan sekarang udah masuk awal Oktober.

Kenapa cuma bulan September kemarin yang diceritain, bulan-bulan yang lain nggak..? Ya jangan berharap banyak lah, blog ini aja baru brojol bulan Agustus, umurnya sekarang aja belom genap dua bulan… Tapi bukan itu sih alasan sebenernya… Alasan benernya karena September kemarin itu adalah bulan yang seru, sibuk, dan lumayan produktif, terutama mengingat status gw yang masih pengangguran… (Sudah, sudah, jangan diketawain, jangan dikasihanin.. didoain aja..hahahah). Karena September kemarin relatif sibuk dibandingkan bulan-bulan sebelumnya gw menganggur, jadi lumayan banyak hal yang bisa diceritain.

Jadi, apa aja sih yang gw sibukin di bulan September kemarin?

Di minggu pertama sampe ketiga, gw disibukin sama kerjaan bikin video buat acara perpisahan angkatan FTb 2008, bareng tim (ada Audi, Eli, Ika, Vilam, Barti, Uwi, Wince, dan lainnya yang juga ikutan bantu2).. Awalnya sih motivasi gw cuma buat ngisi-ngisi waktu di sela-sela nyari kerja.. Mikirnya kan bete kalo tiap hari di depan laptop melulu ngirim2 email sama mantengin kotak masuk, lama2 otak gw bisa tumpul… Lagipula kerjaan-kerjaan kreatif kayak gini juga gw suka, jadi ya gak ngerasa terbebani sih (terbebani sedikit, karena lumayan cape bikinnya).. Apalagi videonya pake teknik stop motion gitu lagi!! Itu, yang objeknya digerakin dikit2, trus tiap gerakannya difoto semua..jadi fotonya ribuan, terus baru digabung deh jadi video. Contoh yang expert nya, film Shaun the Sheep.

Konsep videonya udah dibuat rinci sebelum September (sama gw, Audi, Eli, Ika), jadi di September kemarin tinggal dieksekusi… Dari tiga minggu itu gak setiap hari juga ngerjainnya sih, buat foto studio “cuma” makan waktu 6 hari (tapi 1 hari bisa dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore), ditambah beberapa hari buat persiapan awal.. Sempet sih, di tengah-tengah masa pengerjaan, gw sedikit nyesel udah ikutan sok sibuk buat beginian..karena lumayan buang waktu, pikiran, dan tenaga. Tapi untung di awal eksekusi hasilnya menjanjikan gitu, jadinya semangat lagi. Udah gak bisa mundur. Lagipula gw inget kan, “Time you enjoy wasting is not wasted time”. Wahauhahauha.. #pembenaran

Untung deh proses pengambilan gambarnya bisa dibilang sukses dan memuaskan.. berkat kerjasama semua anggota tim kreatif plus potograper handal (Barti sama Vilam)..hahaha.. Tapi belom kelar tuh, bulan ini gw masih harus terlibat lagi buat finishing video (tapi gak se-sibuk ngambil gambar).. Tinggal tunggu aja deh tanggal mainnya tuh video di acara angkatan dan youtube.

Tim kreatif video angkatan 2008. Seru.

[Video spoiler]: Bikinan Wince. Lucu😀

Produktif kan tuh…?? Biarpun gak profitable. Hahaha.. #pukpuksendiri

Sementara itu, di sela-sela minggu pembuatan video, ada empat jobfair yang gw — bareng temen-temen gw — ikutin. Di Istora Senayan (6/9), Binus (12-13/9), Smesco Pancoran (14-15/9), dan di UI Depok (21/9).  JOBFAIR MADNESS !!!  Males sih, capek jalan, tapi mau gak mau mesti gw datengin selama blom dapet “jodoh”.. Dan, kalo ikut jobfair (dan nge-apply tentunya), pasti beberapa hari setelahnya menyusul pemanggilan oleh beberapa perusahaan buat tes dan interview… Seru. Sibuk. Produktif.. Yeeeaah!! #puasbatin

Produktif? Iya lumayan lah daripada goler-goler di rumah doang. Puas batin? Ya lumayan.. Tapi ternyata cuma kepuasan fana.. karena hasilnya blom ada yang nyata (baca: blom ada job yang cukup sesuai yang nyangkut).. HAHAHAHAHAHA…   Chill… I’m still sane, bradersister……  Sebenernya ada sih satu yang “hampir nyangkut”, udah sampe tahap gw tinggal bilang setuju maka terjadilah..tapi mesti ke Sumatera jadi tentara!! hahahaa (gak harfiah sih, tapi ya gitu deh pokoknya).

Catetan khusus perlu ditulis buat kasus jobfair ini.. Memang sih jadi produktif (baca: gak nganggur).. Gak profitable?? Wah kalo ditelisik, bukan gak profitable lagi, malah minus profitnya!! Bradersister kira masuk jobfair kaga bayar apa? Nih liat pembukuan gw —> AKTIVA: Rp. 0,– / PASIVA: (4x jobfair) 30.000 + 15.000 + 30.000 + 30.000 + ongkos + makan di luar + sempet karokean lagi abis jobfair -..- = Rp 105.000,– PLUS PLUS/ PROFIT: hitung sendiri. #kesel . . . . . .

Kayak udah pada kerja semua, karaokean hari Jumat.. BBD tapi happy.

Nah, hari-hari sisanya… September kemarin gw di rumah juga cukup produktif dalam hal ngurusin blog dan ngejemur cucian basah. Karena gw gak betah kalo nganggur di rumah seharian atau cuma buat main game seharian (dicibir juga ntar sama nyokap).. DAN, sebagai pelengkap ke-lumayan-puasan batin gw bulan kemarin, boleh lah yaa gw nulis di sini kalo di bulan September lalu AKHIRNYA gw mulai produktif lagi dalam urusan nyetak gol pas main futsal. Waahahhaha…😀 Maklum deh seneng gini, selama di FTb Atma gw super jarang bikin gol di ajang-ajang resmi (Goblet of Biotech, FTb games & league).. di Goblet NOL.. terakhir kali bikin gol, cuma sebiji di FTb games Maret lalu, pas final lawan 2010… Kali ini bisa nyetak satu biji di awal September dan dua biji di akhir September (tiga-tiganya di FTb league). Produktif!😀

Jadi.. dilihat positifnya dari bulan September kemarin, gw uda jauh lebih produktif dibanding bulan-bulan sebelumnya yang di mana gw cuma di rumah browsing internet sambil apply2 kerja tapi gak intens, gambar-gambar, sisanya main dan goler-goler.. Yah, meskipun nggak belom profitable.. Maksudnya belom? Hmm, emang kalo dari materi gak profitable (rugi malah karena besar pasak daripada tiang). Tapi gw percaya semua yang udah pernah gw kerjain atau alamin pasti gak sepenuhnya sia-sia. Pasti selalu ada manfaatnya.. entah itu pengalaman baru, skill baru, ngasah skill lama, kepuasan, kesenangan batin, hikmah, dll… Sisi jeleknya, di bulan September dan bulan-bulan sebelumnya, gw sadar gw masih belom fokus ke apa yang paling penting dan urgent saat ini, yaitu karir. Masih banyak hal yang kurang penting dan urgent yang masih gw urusin. Emang susah ya punya hobi banyak…

And then, because September has ended and I have “woken up” (sounds like Green Day’s), I made this tweet:

Semoga bulan Oktober ini berhasil gw nya!! ( ‘⌣’)9

One thought on “September, produktif tapi gak profitable

Leave a Reply

